Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 07 Februari 2009

Sebarkan energi positif

Sebarkan energi positif

Saya selalu percaya bahwa segala sesuatu dialam ini terjadi bukan secara kebetulan,artinya kejadian hari ini ada kaitannya dengan kejadian dimasa lalu.Lebih jelasnya misalnya kebaikan yang kita terima hari ini adalah buah dari kebaikan yang telah kita tanam lebih dahulu. Begitu juga sebaliknya malapetaka atau musibah atau kesulitan yang menimpa kita adalah akibat dari perbuatan jelek kita, atau kalaupun bukan akibat hal buruk yang kita lakukan dimasa lalu, mungkin ada hikmah dibalik kejadian tadi. Ada pelajaran yang harus diambil dari musibah tadi, agar kita lebih waspada dan mengevaluasi diri. Terimalah musibah itu sebagai peringatan bahwa Tuhan sayang kepada kita.

Banyak peristiwa dalam hidup saya menambah keyakinan saya bahwa dibalik semua kejadian ada yang mengaturnya.Tuhan selalu berada dibalik kejadian atau peristiwa yang kita alami. Saya pernah mengikuti berbagai kegiatan pertukaran pelajar atau pekerja, dimana kita tinggal dirumah orang lain untuk belajar mengenai kehidupan mereka. Saya selalu bertemu dengan orang yang bahkan baru dikenal atau tidak dikenal yang memperlakukan saya dengan baik. Menganggap anak sendiri, memberikan hadiah atau kemudahan atau mencoba membuat saya nyaman dan bahagia. Ini mungkin merupakan buah dari kebaikan yang ditanam oleh orang tua saya yang selalu dengan senang hati menerima tamu dan menjamu mereka sesuai dengan kemampuannya. Walaupun saya waktu kecil tidak terlalu suka dengan tamu yang datang silih berganti, menginap bahkan ada yang sakit dan meninggal dirumah kami. Ternyata kebiasaan baik itu secara tidak sadar juga menular kepada saya, walaupun anak-anak seperti saya dulu juga tidak terlalu senang dengan tamu yang sering datang, tapi mereka juga merasakan manfaatnya secara langsung. Dimanapun anak-anak saya berada untuk mengikuti kegiatan pramuka atau “home stay”, mereka diperlakukan dengan baik oleh mereka yang bukan orang tua kandungnya.

Ada juga beberapa peristiwa tidak enak yang saya terima dari orang lain, misalnya ditipu, dikhianati atau dimarahi oleh orang lain. Biasanya setelah mendapat kesempatan merenung saya akan menerimanya dengan lapang dada dan menganggap itu bagian dari teguran Tuhan kepada saya agar lebih hati-hati. Untuk urusan menipu dan menghianati sampai hari ini Alhamdulillah saya tidak pernah melakukannya, tapi kalau hal itu menimpa saya yang penting nasehat ibu saya selalu terngiang” bahwa tidak apa-apa orang menipu, menjahati atau mengkhianati kita, yang penting bukan kita yang melakukannya”.

Kejelekan saya waktu kecil misalnya nakal sama pembantu, suka melawan orang tua, lebih suka main dibandingkan belajar dan kalau punya kemauan pasti harus dilaksanakan dibalas secara tunai oleh anak-anak saya. Mereka juga nakal sama pembantu, kadang mbak-mbaknya sampai menangis dan ga betah karena kenakalan mereka. Padahal untuk menebus kenakalan saya masih kecil saya baik terhadap pembantu dan selalu menegur anak2 kalo mereka nakal terhadap mbaknya. Begitu juga soal main, anak saya semuanya mementingkan main dan bergaul dengan temannya dibandingkan belajar. Mereka juga suka mengkritik dan mendebat pendapat saya jika tidak setuju. Memang betul buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.Rumah saya waktu anak2 kecil hampir tidak punya kursi apalagi guci dan kristal seperti rumah yang dihias pada umumnya.Hanya ada karpet dan bantal sehingga anak-anak bebas berlarian bahkan main sepeda dan bola didalam. Saya suka kagum dengan teman yang punya anak kecil tapi dapat menghias rumahnya dengan pernak pernik yang terbuat dari keramik atau gelas. Kata mereka anak-anak sudah diberi pengertian agar jangan merusak atau memainkan benda pajangan tersebut. Kalau saya perhatikan dengan cermat ternyata teman saya itu juga adalah orang yang baik dan tidak mempunyai sejarah nakal atau memecahkan perabot rumah tangga waktu kecilnya. No wonder anak-anak merekapun juga mempunyai sifat yang sama dengan orang tuanya.

Berbuat baiklah terhadap siapa saja dengan niat baik, tulus dan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. Jangan pernah menjadi orang jahat karena kita diperlakukan tidak adil atau jahat oleh orang lain. Menebarkan energi positif akan mendapat imbalan dengan mendapatkan tambahan energi positif juga. Mungkin bukan dari orang yang kita berikan kebaikan tapi dari orang lain yang tidak kita duga-duga. Alam semesta ini dapat menagkap energi positif yang kita sebarkan dan tahu kapan waktunya akan dikembalikan kepada kita. Jangan pernah berputus asa memberikan energi positif.

Tidak ada komentar: