Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 24 Januari 2009

Keutamaan membaca

Saya sangat suka membaca, berbagai jenis buku saya baca, tiada hari tanpa membaca, diperjalanan, dirumah, dikantor pada saat luang saya gunakan untuk membaca. Sangat mengagumkan bagaimana penulis dapat menyihir pembacanya untuk terus menerus membaca tidak mau melepaskan matanya dari buku, sampai ceritanya selesai. Yang paling saya sukai adalah bacaan yang mempunyai nilai sesuatu didalamnya. Penulisnya punya misi menyampaikan suatu pesan moral yang baik kepada pembacanya. Begitu kagum saya pada cerita para jagoan di buku komik Kho Ping Hoo, Mushashi, Mahabarata, Winetou sehingga meninggalkan kesan yang mendalam. Buku Little House on The Prairie juga sangat bagus sehingga pada saat membacanya seakan kita berada disana. Pandai sekali penulisnya menceritakan dengan rinci dan menuliskan dengan penuh perasaan sehingga emosi kita turut terbawa.Saya tidak bisa membayangkan bagaimana para penulis dapat membuat cerita begitu panjang bahkan berseri dan tetap menarik untuk dibaca.

Buku adalah jendela dunia, pintu gerbang menuju lautan ilmu pengetahuan yang tidak terbatas.Buku adalah teman yang baik, setia, tidak pernah berhianat dan selalu mengikuti kemanapun kita bawa. Buku adalah guru yang baik, tidak pernah menipu dan selalu siap setiap saat dimana kita membutuhkannya. Dengan membaca buku kita dapat mengusir kebosanan, kesedihan, kecemasan, karena buku akan membawa kita kealam lain yang begitu luas.Semakin banyak buku yang kita baca semakin banyak pengetahuan yang kita dapatkan.Bertambahnya pengetahuan dapat melancarkan pembicaraan kita dengan berbagai kalangan yang pada akhirnya akan menambah teman.

Kekayaan yang paling berharga dan tidak akan hilang adalah ilmu pengetahuan.Dengan membaca buku semakin kaya kita akan berbagai pengalaman, pengetahuan, dan semakin kita merasa kecil karena begitu banyak yang belum kita ketahui. Buku tanpa disadari mendorong kita selalu ingin terus membaca, mencari buku lainnya, sehingga dapat mengembangkan keahlian kita.Selain pengetahuannya bertambah, kepribadiannya juga bertambah baik. Semakin banyak membaca semakin rendah hati dan merasa kurang.

Tidak heran buku disebut pelita fikir, mengajak menyibak yang tersembunyi, menyingkap tabir kebodohan.Ilmu adalah cahaya agi hati nurani, kehidupan dan obat bagi jiewa yang dahaga. Orang yang berilmu lebih mulia dan lebih dihargai dari orang yang kaya tapi tidak berilmu.

Tidak ada komentar: