Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 07 Desember 2008

Istimewanya Perempuan

Dalam rangka menyambut hari ibu, IftidaYasar dan teman mengisi acara "Istimewanya Perempuan " di Bahana FM 101.8 radio keluarga. Acara berlangsung setiap hari Kamis, dri jam 9 sampai dengan jam 10 pagi.

Topik pembahasan adalah:


Istimewanya Perempuan

Bahana FM 101.8

Desember 2008 dalam menyambut ”Hari Ibu”

A. LATAR BELAKANG

Perempuan adalah makhluk yang sangat istimewa. Oleh Allah perempuan diberikan kemuliaan untuk menjaga amanah melahirkan generasi penerus. Tugasnya sebagai sosok yang sangat berperan dalam menentukan kualitas generasi penerus, baik secara fisik maupun pembentukan karakter membuatnya harus dapat selalu menjaga citra diri dan memeliharanya. Perempuan adalah tiang rumah tangga, pemersatu keluarga cahaya keindahan dan kebenaran. Ia adalah pemimpin dalam rumahnya untuk anak-anaknya dalam menanamkan nilai-nilai baik kejujuran, keteguhan, kesetiaan, kelembutan dan kasih sayang. Dengan kasih sayangnya ia menjaga rumah tangganya dari segala tantangan baik dari luar maupun dari dalam.

Tidak semua perempuan memahami dan mampu menerapkan tugas dan kodratnya, banyak yang gamang dan larut dalam kungkungan masalah tanpa mampu bangkit dan melihat indahnya tantangan kehidupan. Adanya gender yang memberikan karakteristik sosial pada peran perempuan pada kenyataannya masih banyak hanya berupa mitos bukan relalita. Gender atau interpreatsi mental dan kultural terhadap perbedaan kelamin bukan kodrati tapi hasil rekonstruksi sosial.

B. MAKSUD DAN TUJUAN

Menciptakan dan memperkokoh pemahaman mengenai citra dan peran perempuan untuk mengetahui kodratnya. Perempuan sebagai makhluk yang mengemban tugas melahirkan generasi penerus harus sehat dan bahagia. Mengetahui kodratnya sebagai pemersatu keluarga dan mampu menjaga rumah tangganya dari tantangan. Tantangan dari dalam berupa keteguhan untuk meyakini bahwa kodratnya adalah membentuk karakter anak-anaknya dengan menjadi panutan dan menjalankan nilai baik, seperti kejujuran, keteguhan, kasih sayang.

Tantangan dari luar berupa pengaruh buruk yang datang dari informasi media, lingkungan pergaulan, yang mungkin dapat mempengaruhi keteguhan hati anak-anak dan suami tentang pelaksanaan dari nilai yang baik. Dalam perkawinan kenapa bisa berlangsung langgeng? Biasanya peran perempuan dengan kasih sayang dan keyakinannya berjihad untuk percaya bahwa ”badai pasti berlalu”.

C. Topik Bahasan

Hari/Tanggal : Kamis, 4 Desember 2008

Topik bahasan : Membahas secara umum citra diri perempuan dan bagaimana memeliharanya. Perempuan sebagai cahaya pemersatu rumah tangga, pemimpin anak-anaknya dalam pembentukan karakter dengan cara menanamkan nilai baik seperti kejujuran, kesetiaan, keteguhan hati, dan pantang menyerah terhadap tantangan kehidupan.

Kodrat perempuan untuk memberikan kasih sayangnya kepada orang yang dicintainya dan membentuk rumah tangga yang bahagia. Jika perempuan melawan kodratnya misalnya dia mau dijadikan simpanan , maka pada suatu saat dia akan tidak bahagia karena tidak dapat hidup normal seperti yang orang lain. Sebagai perempuan seharusnya ia tidak menyakiti perempuan lain dan menjalin hubungan dengan suami perempuan lain.

Hari/Tanggal : Kamis, 11 Desember 2008

Topik bahasan : Membahas bagaimana perempuan menjalankan nilai-nilai baik tersebut dalam kehidupannya, sehingga anak-anaknya akan melihat ia sebagai panutan. Jika perempuan tidak mampu menjadikan dirinya sebagai panutan atau bahkan melukai hati anak-anaknya dengan sikap dan perilakunya yang lebih mementingkan kesenangan pribadinya, maka dapat dipastikan peranannya sebagai pendidik akan terganggu. Transformasi nilai baik dalam pembentukan karakter yang baik bagi anak-anaknya bisa tidak tercapai. Betapa ruginya perempuan yang mensia-siakan hidupnya dan masa depan anak-anaknya hanya karena mengejar kesenangan pribadi.

Perempuan akan terluka jika suaminya menghianatinya, tapi anehnya perempuan juga yang menghianati suami dan anak-anaknya dengan menjalin hubungan terlarang dengan suami orang lain. Banyak cerita tentang keberhasilan seorang ibu yang mampu mengantarkan sukses anak-anaknya tanpa kehadiran seorang suami. Sedikit sekali terdengar keberhasilan seorang bapak dalam mengantarlkan anaknya sukses sendiri tanpa peran istinya dalam hal jika perempuan itu sendiri yang menghancurkan keluarganya dan mengejar kesenangannya pribadi.

Selingkuh, ketidak setiaan adalah kejahatan jika mengakibatkan keluarga terlantar dan ditinggalkan, sebab ia dapat merusak generasi yang mungkin saja sedih, frustasi bahkan terlibat dalam narkoba. Oleh sebab itu diperlukan perempuan tangguh dan istimewa dalam menjaga keluarganya dari segala tantangan.

Hari/Tanggal: Kamis, 18 Desember 2008

Kali ini kita membahas tentang makna peranan ibu sebagai pemimpin dirumahnya dan juga pemimpin, pekerja atau anggota masyarakat. Apa arti bekerja bagi seorang perempuan, apakah ia menikmati peranannya dirumah dalam memimpin anak-anaknya, apakah ia bangga dengan tugasnya yang mulia dalam membina genersi penerus. Banyak ibu rumah tangga yang gamang dengan tugasnya sebagai ibu rumah tangga, mereka tidak bangga dengan predikat ini, bahkan ada yang tidak menjalankan peranannya dengan baik. Ibu tidak bekerja tapi ia sibuk sekali dengan diri dan masalahnya.

Apakah ibu yang bekerja mempunyai waktu untuk mendidik secara langsung anak2nya, bagaimana kualitas dan juga banyaknya waktu yang dialokasikan untuk mendidik anak2nya. Ibu bekerja yang gamang akan tidak maksimal dan produktif dikantornya tapi juga tidak akan dengan tenang berada dirumah, dalam hal ia harus bekerja karena kebutuhan. Bagaimana peran bapak yang diharapkan oleh kaum ibu?


Hari/Tanggal: Kamis, 25 desember 2008

Bagaimana konsep pengorbanan bagi seorang peremupan atau ibu? apakah dia dipersiapkan untuk menghadapi jalan panjang kehidupan baik sebagai lajang maupun sebagai ibu? kebahagian hakiki seperti apa yang diinginkan oleh perempuan.

Bagaimana dengan pengetahuan dan kesiapannya dalam menghadapi masalah dalam kehidupannya? Apa pengertian hak dan kewajibannya dalam kaitannya dengan status hukum sebagai perempuan kedua, baik resmi maupun tidak. Bagaimana pandangan masyarakat terhadap hal ini. bagaimana status anak yang dilahirkannya baik secara hukum maupun sosial.

D. Target Pendengar

Pendengar diharapkan berasal dari kalangan umumbaik lakai-laki maupun perempuan, usia remaja sampai dewasa. Diharapkan pemahamannya mengenai citra diri dan peranannya sebagai perempuan dapat membuatnya bahagia. bagi pendengar laki-laki dpat memahami perempuan agar dapat dimengerti dan diperlakukan dengan adil, karena laki-laki dilahirkan dari rahim seorang perempuan

Tidak ada komentar: