Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kamis, 25 Desember 2008

SUKSES IMPLEMENTASI OUTSOURCING

“SUKSES IMPLEMENTASI OUTSOURCING”

Bakrie School of Management, Kuningan,diadakan workshop “Sukses Implementasi Outsourcing”. Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Pelita Fikir Indonesia (PFI), ABADI (Asosiasi Bisnis Alih Daya) dan majalah People & Bisnis ini dihadiri beberapa peserta dan anggota.
Pagi itu, Rabu, 5 November 2008, acara dimulai dengan sedikit keterlambatan. Bapak H. Hasanudin Rahman selaku Dewan Penasehat ABADI, sekaligus juga Ketua DPN APINDO yang seyogyanya mengisi materi pada sesi I sedikit kurang enak badan, sehingga saya harus mendampingi beliau dalam membawakan materi “Hubungan Industrial yang Kondusif Kunci Sukses Bisnis Outsourcing”.
“outsourcing sebagaimana diatur dalam UU 13 tahun 2003, dalam beberapa pasal mengatur tentang hubungan industri yang dapat dikelola oleh penyedia jasa tenaga kerja (outsourcing) degan syarat diantaranya: dilakukan secara terpisah dari kegiatan utama, dilakukan dengan perintah langsung atau tidak langsung oleh pemberi pekerjaan, dan tidak menghambat produksi secara langsung”.
Lalu pada sesi II, Saya kembali menjadi nara sumber dalam pembahasan “Langkah – langkah Sukses di Bisnis Outsourcing”. Sukses implementasi di binis Outsourcing ini dapat dimulai dengan membina hubungan kerja sama yang baik antara perusahaan, pekerja dan mitra usaha itu sendiri, baik pada saat proses perekrutan, seleksi, administrasi atau pengolaan manajemen tenagakerjaan sehingga menghasilakan kesepakatan yang saling menguntungkan.
Hal-hal yang perlu diatur dalam bisnis outsourcing adalah : jenis pekerjaan, batas tanggung jawab, hak dan kewajiban, syarat-syara pekerjaan, kesinambungan kerja, kesempatan pelatihan dan perlindungan.

Tidak ada komentar: