Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 29 Desember 2008

Selamat tahun baru 1 Muharam dan 2009

Tahun 2009 kita menghadapi situasi yang sangat berat, ancaman kesulitan dunia usaha dan juga kemungkinan PHK ada didepan mata. Terus berusaha dan yakin bahwa semua kesulitan akan ada jalan keluarnya.


Badai pasti Berlalu

Manusia tidak pernah lepas dari masalah, selama kita hidup didunia maka selama itu pula masalah selalu ada. Maunya sih masalah datang satu-satu jangan berbarengan. atau masalah yang ringan-ringan saja yang dapat segera kita atasi. Sebagai manusia yang percaya dengan Tuhan seharusnya jika ada masalah kita kembalikan kepada yang diatas (tentu saja setelah berusaha mengatasinya dengan maksimal) dan yakin tidak mungkin Tuhan memberikan masalah tanpa memikirkan bagaimana kemampuan kita dalam mengatasinya.Tuhan hanya memberikan masalah atau cobaan berdasarkan kemampuan kita, tidak melebihi kemampuan manusia.Jadi jangan pernah mengabaikan atau meragukan kemampuan kita dalam mengatasi masalah ini, apalagi sampai putus asa atau berniat bunuh diri.

Bukan besar kecilnya masalah yang dapat membuat kita pusing atau merasa kok berat sekali masalah yang kita hadapi, tapi bagaimana kemampuan kita menghadapi masalah itu yang jauh lebih penting. Setiap masalah yang datang sebetulnya akan membuat kita semakin dewasa, arif dan kuat serta berpengalaman dalam menjalankan kehidupan ini.Setelah masalah itu selesai atau berlalu sebenarnya kita seperti naik kelas, menjadi pribadi yang lebih baik dan kuat. Jangan pernah lari dari permasalahan,hadapilah masalah itu apapun bentuknya.Sebagai manusia biasa rasanya memang berat, malu, ingin berubah menjadi asap dan hilang dari muka bumi ini jika ada masalah yang menurut kita berat, tapi dengan tegar menghadapinya kita akan semakin kuat. Jika kita jenis orang yang tidak mau menghadapi masalah, bahkan menghindar, pura-pura tidak tau, menganggap tidak ada masalah, maka masalah itu akan menjadi mimpi buruk. Kita tidak pernah punya keberanian untuk mengetahui bagaimana hasil akhir dari masalah itu, apa pendapat orang mengenai kita, dan yang terpenting kita akan kehilangan kepercayaan orang lain karena dianggap tidak menyelesaikan masalah bahkan yang lebih parah lagi dianggap sebagai tidak bertanggung jawab, pengecut, cemen, dsb.

Saya pernah beberapa kali mengalami masalah yang menurut ukuran saya sangat berat, misalnya pada waktu saya menjabat sebagai manager pada suatu perusahaan, semua pekerjaan harus saya selesaikan sendiri, mulai dari administrasi, berurusan dengan karyawan bermasalah, mengurus pekerjaan tambahan yang katanya dapat membangun kemampuan kepemimpinan saya ( seperti aktif di klub karyawan, menjadi ketua dana pensiun, mengurus karyawan kontrak, dan aktifitas sosial lainnya).Pada saat itu saya rasanya mau gila (belum gila beneran), sehingga pekerjaan tambahan yang tadinya saya lakukan untuk memperluas keahlian saya diluar pekerjaan utama menjadi beban pekerjaan yang membuat stres. Akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan itu, dan hikmahnya saya rasakan sekarang bahwa saya menjadi pekerja yang mempunyai multi kemampuan dan dapat mengerjakan berbagai macam pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

Pernah juga diperusahaan lain, dimana saya merasa kurang cocok dengan atasan saya. Rasanya apapun yang dikatakannya atau sebaliknya apapun yang saya katakan dan lakukan salah. Situasinya sudah sangat tidak enak dan akhirnya dengan sangat terbuka saya mengatakan akan mengundurkan diri dengan alasan seperti diatas.Saat itu rasanya saya menderita sekali sehingga memutuskan untuk tidak mau lagi bekerja dibawah perintah orang lain, apapun resikonya saya akan berusaha sendiri. Dengan modal nekad dan keyakinan saya membuka usaha sendiri, rasanya setahun pertama berat sekali mengahadapi perubahan dari seorang profesional yang terbiasa dengan penghasilan dan jaminan yang pasti menjadi seorang pengusaha yang harus berjuang untuk menghidupi diri sendiri. Hikmahnya sekarang saya dianggap cukup berhasil menghidupi diri sendiri bahkan dapat bermanfaat bagi para karyawan yang bekerja untuk perusahaan kami.Sampai sekarang saya masih berteman baik dengan bekas boss saya tadi, bahkan dengan bercanda saya mengucapkan terima kasih kepadanya karena telah membuat saya menjadi lebih kaya dari dia sekarang.

Membangun usaha sendiri juga bukan merupakan hal yang gampang, harus tabah dan rajin mencari peluang bisnis pekerjaan. Begitu banyak perusahaan yang sejenis sehingga akhirnya kepercayaan dan nama baik kita akan menjadi hal yang membedakan kita dengan orang lain.Mengalami kerugian dalam mengerjakan pekerjaan atau kehilangan klien bahkan mendapat cobaan dari partner bisnis adalah bagian dari masalah itu sendiri.Pernah perusahaan harus mengeluarkan uang sangat besar agar satu masalah selesai. rasanya pada`saat itu berat sekali harus mencari uang yang jumlanhnya sangat besar, siapa yang mau meminjamkan uang tanpa jaminan apapun hari gini?. Setelah berusaha kesana kemari akhirnya hanya doa bersama yang bisa kami lakukan untuk meminta pertolongan Tuhan agar menyelesaikan masalah ini. Jika manusia angkat tangan pasti Tuhan turun tangan, kata-kata dari teman saya itu sangat saya yakini kebenarannya. Hanya dalam waktu seminggu setelah kami memasrahkan kepada kekuatan Tuhan, maka bantuan pinjaman uang dari beberapa pihak mengalir bahkan sampai berlebihan. Tepat pada saatnya kami bisa menyelesaikan seluruh masalah itu.Yang lebih membuat saya yakin sekali dengan kekuatan Tuhan bahwa hanya dalam waktu 5 bulan setelah saya harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak itu, semua pinjaman sudah dapat dikembalikan lebih cepat dari waktunya.

Maka jangan cepat menyerah, berputus asa apalagi tidak mempercayai bahwa semua ada yang mengatur, masih ada Tuhan, dan Ia akan menyelesaikan semua masalah setelah kita berusaha keras dan memasrahkan segala keputusan ketangan Nya.Sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan, Badai pasti berlalu......

Tidak ada komentar: